PENDAHULUAN
DEFINISI HUMAS/ PR
Hubungan
Masyarakat atau public Relation adalah suatu usaha yang sengaja dilakukan,
direncanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara
sebuah lembaga/instansi dengan masyarakat. Humas adalah sebuah seni sekaligus
ilmu social dalam menganalisa
kecenderungan, meramalkan konsekuensinya, memberikan pengarahan kepada
pimpinan institusi/lembaga dan melaksanakan program-program terencana yang
dapat memenuhi kepentingan baik institusi/ lembaga dan melaksanakan
program-program terencana yang dapat memenuhi kepentingan baik institusi maupun
masyarakat yang terkait.
PR memiliki
fungsi manajemen untuk mencapai target tertentu yang sebelumnya harus mempunyai
program kerja yang jelas dan rinci, mencari fakta, merencanakan,
mengkomunikasikan, hingga mengevaluasi hasil-hasil apa yang telah dicapainya.
Secara spesifik, definisi umum PR
disimpulkan sebagai seni (Art) dan
gabungan dari disiplin ilmu manajemen, komunikasi, psikologi, social dan
marketing, untuk membentuk agar perusahaan atau lembaga, nama dan
produknyamenjadi disukai dan dapat dipercaya oleh publiknya. Dalam hubunganya
dengan target audience atau stekholder (objek dakwah tersebut) dikenal tentang
3 tipe tentanga apa yang disukai, yaitu sbb :
a. Those
who know you and like you (menenal dan menyukai anda).
b. Those
who know you and don’t like you( mengenal dan tidak menyukai anda)
c. Those
who neither yo nor care you ( tidak dikenal maka tidak disukai)
Oleh karna itu dikatakan bahwa
“PR merupakan fungsi manajemen yang
menilai sikap public, mengidentifikasi kebijakan dan tata cara sesorang atau
organisasi demi kepentingan public, serta merencanakan dan melakukan suatu
program kegiatan untuk meraih pengertian, pemahaman, dan dukungan dari public.
(scott M. Cutlip dan Allen H. center “ efektif public Relations”, 1982)
BAB
II
PEMBAHASAN
Media
PR di The Sunan Hotel
Public relation
dikatakan sebagai suatu usaha yang sengaja dilakukan, direncanakan secara
berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga
dengan masyarakat. Di beberapa lembaga, PR sering disebut sebagai Hubungan
masyarakat (Humas). Menurut penuturan Dra. Herning Suryo, MSi. Humas bisa
meliputi humas di SMA, Perguruan tinggi, Hotel, penrusahaan daerah, Partai
politik, dll. Fungsinya adalah untuk berhubungan dengan public dan member Citra
Positif. Dalam menjalankan peranananya, PR memiliki langkah-langkah dalam
mempromosikan ataupun menjaga kualitas komunikasi yang baik di Hotel The sunan.
PR the sunan menggunakan beberapa Media yang ada Untuk mempromosikan diri.
MEDIA
Setiap perusahaan akan memiliki PR atau Public relation. Sedang pada setiap PR
memiliki beberapa media dalam pengenalan perusahaan atau Instansinya untuk
dikenalkan pada dunia luar. Berikut hasil pencarian kami mengenai media PR yang
dilakukan oleh the sunan Hotel.
1. Web
dan Blog.
Media
ini sangat popular digunakan dan merupakan publikasi yang cukup efektif dalam
promosi the Sunan. Banyak pengunjung yang akan membuka situs atau web dan
blognya the Sunan sebelum mereka datang langsung. Bahkan mereka dapat memesan
kamar atau registrasi dengan menggunakan media online. Pada media ini,
pengenalan The sunan Hotel disertai dengan foto dan jenis fasilitas, setiap
orang dapat mengakses dan lebih benyak tampilan yang bisaditampilkan
dibandingkan dengan brosur yang hanya memerlukan sedikit ruangan.
2. Brosur.
Media
ini di akui masih memiliki peranan yang cukup penting.
3. Reklame
Reklame
yang ditempatkan pada tempat strategis menjadikan the sunan hotel lebih dikenal
masyarakat. Sebut saja di jalan Ir. Sutami Kentingan, merupakan transit atau
pintu masuk bagi pengendara dari arah karanganyar, sragen dan jawatimur menuju
arah jogja dan sekitarnya.
4. Sponsor.
5. Seminar
Mengadakan
seminar atau menjadikan hotel sunan sebagai tempat terselenggaranya seminar
juga menjadikan the Sunan Hotel lebih dikenal bagi masyarakat.
PUBLIC RELATION
Herning Suryo, M.Si
MEDIA PUBLIC RELATION DI THE SUNAN HOTEL
Disusun oleh :
1. Jutanita
Dyah (10520038)
2. Nidya
Saptari (10520006)
3. Rahmawati
Eki p (10520102)
4. Wahyu
Puji S. (10520042)
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Slamet Riyadi Surakarta
2012
0 comments:
Post a Comment