Thursday, March 21, 2013

Public Relation Semester 5


PENDAHULUAN
DEFINISI HUMAS/ PR
Hubungan Masyarakat atau public Relation adalah suatu usaha yang sengaja dilakukan, direncanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga/instansi dengan masyarakat. Humas adalah sebuah seni sekaligus ilmu social dalam menganalisa  kecenderungan, meramalkan konsekuensinya, memberikan pengarahan kepada pimpinan institusi/lembaga dan melaksanakan program-program terencana yang dapat memenuhi kepentingan baik institusi/ lembaga dan melaksanakan program-program terencana yang dapat memenuhi kepentingan baik institusi maupun masyarakat yang terkait.
PR memiliki fungsi manajemen untuk mencapai target tertentu yang sebelumnya harus mempunyai program kerja yang jelas dan rinci, mencari fakta, merencanakan, mengkomunikasikan, hingga mengevaluasi hasil-hasil apa yang telah dicapainya.
Secara spesifik, definisi umum PR disimpulkan  sebagai seni (Art) dan gabungan dari disiplin ilmu manajemen, komunikasi, psikologi, social dan marketing, untuk membentuk agar perusahaan atau lembaga, nama dan produknyamenjadi disukai dan dapat dipercaya oleh publiknya. Dalam hubunganya dengan target audience atau stekholder (objek dakwah tersebut) dikenal tentang 3 tipe tentanga apa yang disukai, yaitu sbb :
a.       Those who know you and like you (menenal dan menyukai anda).
b.      Those who know you and don’t like you( mengenal dan tidak menyukai anda)
c.       Those who neither yo nor care you ( tidak dikenal maka tidak disukai)
Oleh karna itu dikatakan bahwa “PR  merupakan fungsi manajemen yang menilai sikap public, mengidentifikasi kebijakan dan tata cara sesorang atau organisasi demi kepentingan public, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk meraih pengertian, pemahaman, dan dukungan dari public. (scott M. Cutlip dan Allen H. center “ efektif public Relations”, 1982)




BAB II
PEMBAHASAN
Media PR di The Sunan Hotel

Public relation dikatakan sebagai suatu usaha yang sengaja dilakukan, direncanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga dengan masyarakat. Di beberapa lembaga, PR sering disebut sebagai Hubungan masyarakat (Humas). Menurut penuturan Dra. Herning Suryo, MSi. Humas bisa meliputi humas di SMA, Perguruan tinggi, Hotel, penrusahaan daerah, Partai politik, dll. Fungsinya adalah untuk berhubungan dengan public dan member Citra Positif. Dalam menjalankan peranananya, PR memiliki langkah-langkah dalam mempromosikan ataupun menjaga kualitas komunikasi yang baik di Hotel The sunan. PR the sunan menggunakan beberapa Media yang ada Untuk mempromosikan diri.
MEDIA
Setiap perusahaan akan memiliki PR atau Public relation. Sedang pada setiap PR memiliki beberapa media dalam pengenalan perusahaan atau Instansinya untuk dikenalkan pada dunia luar. Berikut hasil pencarian kami mengenai media PR yang dilakukan oleh the sunan Hotel.
1.      Web dan Blog.
Media ini sangat popular digunakan dan merupakan publikasi yang cukup efektif dalam promosi the Sunan. Banyak pengunjung yang akan membuka situs atau web dan blognya the Sunan sebelum mereka datang langsung. Bahkan mereka dapat memesan kamar atau registrasi dengan menggunakan media online. Pada media ini, pengenalan The sunan Hotel disertai dengan foto dan jenis fasilitas, setiap orang dapat mengakses dan lebih benyak tampilan yang bisaditampilkan dibandingkan dengan brosur yang hanya memerlukan sedikit ruangan.
2.      Brosur.
Media ini di akui masih memiliki peranan yang cukup penting.
3.      Reklame
Reklame yang ditempatkan pada tempat strategis menjadikan the sunan hotel lebih dikenal masyarakat. Sebut saja di jalan Ir. Sutami Kentingan, merupakan transit atau pintu masuk bagi pengendara dari arah karanganyar, sragen dan jawatimur menuju arah jogja dan sekitarnya.
4.      Sponsor.
5.      Seminar
Mengadakan seminar atau menjadikan hotel sunan sebagai tempat terselenggaranya seminar juga menjadikan the Sunan Hotel lebih dikenal bagi masyarakat.



PUBLIC RELATION
Herning Suryo, M.Si
MEDIA PUBLIC RELATION DI THE SUNAN HOTEL


logo baru unisri













Disusun oleh :
1.      Jutanita Dyah            (10520038)
2.      Nidya Saptari                        (10520006)
3.      Rahmawati Eki p      (10520102)
4.      Wahyu Puji S.           (10520042)




Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Slamet Riyadi Surakarta
2012

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.